Basket, Cabang Olahraga yang Populer di Kalangan Anak Muda

Siapa sih yang tidak tahu olahraga basket? Olahraga ini cukup digemari oleh banyak kalangan, baik pria maupun wanita, tua maupun muda. Kisah basket dimulai di tahun 1891 saat seorang guru Pendidikan Jasmani di Kanada bernama James Naismit menciptakan olahraga baru sebagai alternatif bagi American Football dan Baseball. Pertandingan basket terdiri dari 2 tim yang harus membuat poin sebanyak mungkin selama pertandingan berlangsung, dan tim dengan poin terbanyak akan menjadi pemenangnya.

Di Indonesia sendiri, basket dibawa oleh imigran dari China pada tahun 1920-an sehingga basket menjadi olahraga yang populer dimainkan oleh etnis Tionghoa di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, basket semakin populer dan dimainkan oleh semakin banyak masyarakat Indonesia sampai akhirnya olahraga basket masuk ke dalam Pekan Olahraga Nasional di tahun 1948, yang merupakan PON pertama di Indonesia. Setelah itu olahraga basket semakin berkembang sampai akhirnya terbentuklah PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) pada tahun 1953 dan muncul ajang liga bola basket professional pria yaitu National Basketball League (NBL) Indonesia dan liga basket professional wanita yaitu Women's National Basketball League (WNNBL).

Sebagai salah satu cabang olahraga populer di Indonesia dengan munculnya generasi muda yang menjadi pebasket profesional, basket menjadi salah satu cabang olahraga yang menurut Biznet layak didukung sehingga basket Indonesia mampu terus berprestasi di kancah lokal maupun internasional. Melalui Biznet Basketball, hingga saat ini Biznet telah mendukung beberapa kegiatan dan kompetisi basket serta mendukung salah satu atlet basket muda berprestasi yang memiliki andil dalam memajukan olahraga basket di Indonesia, yaitu Vamiga Michael.

Dukungan tersebut ditunjukkan melalui kampanye digital #PakeBiznet yang merupakan kumpulan video inspiratif mengenai bagaimana Internet dapat mendukung anak muda untuk dapat berkreasi dan memberikan kontribusi positif bagi diri sendiri dan lingkungan. Simak videonya disini.